Saturday, March 2, 2013

Mamfaat Ginseng

HERBAL GINSENG



Herbal Ginseng

Herbal Ginseng


GINSENG DIYAKINI SEBAGAI OBAT HERBAL ALAMI YANG SANGAT BERKHASIAT SERTA BERMANFAAT BAGI KESEHATAN TUBUH MANUSIA



Ginseng (Panax) adalah sejenis terna berkhasiat obat termasuk dalam suku Araliaceae. Ginseng tumbuh di wilayah belahan bumi utara terutama di Siberia, Manchuria, Korea, dan Amerika Serikat. Jenis ginseng tropis dapat ditemukan di Vietnam (Panax vietnamensis). Nama "ginseng" diambil dari bahasa Inggris, dibaca mengikuti lafal Bahasa Kantonis, jên shên, dalam bahasa Mandarin dibaca "ren shen", "人蔘" (duplikat manusia), karena bentuk akar ginseng menyerupai manusia.
Herbal Ginseng digunakan dalam pengobatan tradisional. Akar tanaman ginseng dapat memperbaiki aliran darah, meningkatkan produksi sel darah merah, serta membantu pemulihan dari penyakit. Di Indonesia terdapat juga tumbuhan berkhasiat sama dengan ginseng yaitu ginseng Jawa atau som jawa (Talinum paniculatum Gaertn.) dan kolesom (Talinum triangulare Wild.) Pada pengobatan tradisional akar ginseng dicampur berbagai jenis obat. Paling terkenal dalam bentuk campuran anggur. Kajian khasiat kegunaanya telah dilakukan untuk menjadikan kolesom sebagai ginseng Indonesia.

Kandungan Herbal Ginseng

Kandungan kimia ginseng adalah saponin dan glikosida. Glikosida pada akar ginseng dikenal sebagai ginsenosida. Akar ginseng juga mengandung 16 jenis ginsenosida seperti minyak asiri, panasena, resih, musilago, asam panax, fitosterol, hormon, vitamin B, kabohirat serta selulosa. Tahun 1960an, sejenis sebatian “terpenidol glycisides” telah ditemui oleh peneliti-peneliti Moskow dan Tokyo.

GINSENG KOREA (Panaxs chinsen)

Panaxs chinsen atau ginseng korea adalah jenis ginseng berasal dari Korea. Orang Korea menyebut ginseng sebagai insam. Panax schinsen liar yang tumbuh di hutan-hutan lebat pegunungan dinamakan sansam (ginseng gunung). Sansam adalah ginseng liar, insam adalah ginseng budidaya. Salah satu produk ginseng korea dikenal dengan nama goryeo insam (ginseng goryeo/ginseng korea). Ginseng korea berkualitas baik karena ditanam pada tanah subur serta iklim mendukung. Orang Korea sangat menghargai ginseng, Seseorang pencari ginseng liar di gunung lalu menjualnya dinamakan sinamani (penggali ginseng liar). Pada saat ini, insam sudah dibudidayakan secara luas karena khasiatnya bagi manusia, antara lain efektif melawan kanker, penyakit, sebagai tonik, bahan makanan, minuman kesehatan, dll.

Khasiat Ginseng Korea Untuk Kesehatan

Ginseng Korea banyak macamnya, khasiat bagi kesehatan ginseng korea dipercaya mampu menjaga daya tahan tubuh dan menambah stamina. Sejauh ini ginseng masih dipercaya berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh. Tanaman ginseng terdiri dari daun, bunga dan akar, namun yang bisa dimakan ialah akar ginseng.
Khasiat Ginseng Korea antara lain : Berkhasiat sebagai suplemen dalam tubuh, mencegah penyakit kanker,kencing manis, fungsi jantung, darah tinggi, pencernaan, stres, daya ingat serta membantu pertumbuhan anak. Ginseng korea dipercaya sebagai energi obat kuat, membantu kesuburan wanita yang sulit hamil, bermanfaat untuk imunisasi dan anti aging. Di Korea ginseng juga dimanfaatka industri kosmetik.

Jenis-Jenis Ginseng Korea

Akar kering ginseng tradisional direndam arak.
Penggunaaannya, rebus dengan air.
Fungsi : mengembalikan tubuh setelah operasi.
Cukup diminum 1 atau 2 kali dalam sebulan.
Akar dapat disimpan di kulkas.
Akar ginseng alami direndam madu.
Bentuknya seperti jenang.
Fungsi : pemulih daya ingat, stres, pikun, sakit kepala, dan keseimbangan hormon,
Ginseng Ekstra
Bentuk seperti kecap manis.
Fungsi : membantu sirkukasi darah, kencing manis, asam urat, rematik.
Cocok untuk orang dewasa dan orangtua.
Satu sendok makan langsung, campur ke dalam air hangat. Boleh dicampur madu murni
Kapsul ginseng
Fungsi sama dengan ginseng ekstra.
Ginseng bubuk, paling terkenal di Asia Tenggara terutama Indonesia.
Fungsi : membantu pernapasan, asma, sinusitis, baik bagi perokok, sariawan, melindungi mata, membantu pertumbuhan tulang dan gigi anak-anak.
Cara minum : 1-2 sendok, anak anak setengah, dicampur di minuman.
Janga
n masukkan ke dalam minuman bercafein seperti kopi atau teh karena dapat menghilangkan kandungan saponin-nya.
Bubuk ginseng punya rahasia lain. Bisa dicampurkan ke masker wajah ditambahkan yogurt atau krem malam. Penggunaan teratur untuk kulit sensitif, dan anti penuaan dini. 


RAMUAN OBAT TRADISIONAL GINSENG


Ramuan Obat Tradisional Ginseng

Herbal Ginseng


GINSENG DIYAKINI SEBAGAI OBAT HERBAL ALAMI YANG SANGAT BERKHASIAT SERTA BERMANFAAT BAGI KESEHATAN TUBUH MANUSIA



HERBAL GINSENG UNTUK MELUNTURKAN LEMAK SETELAH MAKAN


Bahan

3 ruas jari akar ginseng

2 ruas jari jahe, memarkan

50 gram gula merah, sisir halus

500 ml air

Cara Membuat

Campur semua bahan, masak hingga mendidih, angkat dan saring.

Sajikan



HERBAL GINSENG UNTUK KESEGARAN TUBUH


Bahan

60 gram ginseng, potong-potong

500 ml air perasan jeruk manis

5 sdm madu

1 rimpang kencur

Cara Membuat

Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, saring.

Minum 2 x 1 hari, pagi dan sore.

No comments:

Post a Comment

LAGU KARAOKE

1.     Lagu Karaoke Indonesia – Acha Septriasa dan Irwansyah - Ada Cinta 2.     Lagu Karaoke Indonesia – Acha Septriasa - Sampai Menutup ...